Kegiatan minum TTD secara serentak yang dikemas dalam agenda Jumat CERIA (Cantik, Energik, Rajin, Inovatif dan Aktif), kali ini ¬†berlangsung di lapangan sekolah SMPN 1 Dlanggu, Desa Segunung, Kecamatan Dlanggu, pada Jum’at (26/4) pagi.

Gencar Kampanyekan Minum TTD, Bupati Ikfina Ajak Siswi SMPN 1 Dlanggu Cegah Anemia
Gencar Kampanyekan Minum TTD, Bupati Ikfina Ajak Siswi SMPN 1 Dlanggu Cegah Anemia

Program yang digagas Oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto tersebut, bertujuan untuk mengajak seluruh remaja putri yang merupakan calon ibu untuk bersama-sama membiasakan minum tablet tambah darah.

“Ini merupakan program menyiapkan anak-anakku semuanya yang nantinya menjadi calon ibu. Untuk menjadi calon ibu yang sehat itu persiapannya panjang, bukan hanya pada saat kalian sudah menikah baru siap-siap calon ibu, akan tetapi dari sekarang kalian dipersiapkan untuk menjadi calon ibu. Oleh karena itu tidak boleh kurang darah,” ujar Bupati Ikfina.

Gencar Kampanyekan Minum TTD, Bupati Ikfina Ajak Siswi SMPN 1 Dlanggu Cegah Anemia
Gencar Kampanyekan Minum TTD, Bupati Ikfina Ajak Siswi SMPN 1 Dlanggu Cegah Anemia

Selain itu, Bupati Ikfina juga meminta para siswi untuk meminum tablet tambah darah secara rutin seminggu sekali. Karena hal tersebut, merupakan salah satu upaya dalam mencegah terjadinya anemia pada remaja putri.

“Saya meminta untuk anak-anakku sekalian untuk mengkonsumsi tablet tambah darah setiap seminggu sekali yaitu pada hari Jum’at” ucapnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga menambahkan ada beberapa makanan yang mengandung zat besi yang dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam memproduksi sel darah merah. Seperti bayam, daun ketela, kacang-kacangan.

“Dalam memproduksi sel darah merah dibutuhkan makanan harus mengandung zat besi seperti bayam, daun ketela, kacang-kacangan dan makanan yang paling tinggi kandungan zat besinya yaitu hati, bisa hati ayam, kambing, sapi, dan kuning telur.” Pungkasnya.

Diakhir kegiatan, Bupati Ikfina pun mengajak seluruh siswi SMPN 1 Dlanggu untuk meminum tablet tambah darah secara serentak. Ia juga mengimbau para siswa untuk mengonsumsi telur dan jeruk yang sudah disediakan.

Diketahui Kegiatan ‘Jum’at CERIA’ kali ini, juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, jajaran Forkopimca Dlanggu, Kepala UPTD Puskesmas Dlanggu, dan Kepala Sekolah SMPN 1 Dlanggu.¬†(Jay)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan